Laman

Minggu, 16 September 2012

Kapan Umur/Usia Mulai Tumbuhnya Rambut Kemaluan Perempuan/Wanita Terjadi?

Pada tubuh seorang anak gadis yang baru beranjak remaja akan mengalami suatu fase di mana ada hormon-hormon yang menyebabkan perubahan bentuk tubuh di bagian-bagian tertentu. Fase perubahan fisik seorang anak perempuan menjadi gadis remaja disebut fase pubertas. Tidak hanya terjadi perubahan secara fisik saja namun juga secara mental akan ikut tumbuh menjadi lebih dewasa. Pada fase puber inilah biasanya seorang anak gadis mulai membutuhkan banyak penjelasan dan bimbingan dari orang-orang disekitarnya.

Salah satu bagian tubuh perempuan yang mengalami perubahan pada saat masa pubertas adalah bagian di sekitar kemaluan atau vagina. Di bagian tersebut akan tumbuh bulu-bulu atau rambut-rambut halus dalam jumlah kecil yang lama-kelamaan bisa bertambah banyak menjadi lebat. Tidak hanya akan tumbuh bulu rambut di sekitar kemaluan saja, namun bisa juga tumbuh di sekitar lubang anus dan bagian dalam paha. Mungkin gejala-gejala anak baru gede (abg) tersebut bisa membuat seorang anak perempuan yang baru mengetahui dan mengalaminya menjadi galau.

Rambut kemaluan atau bulu kemaluan pada perempuan muda biasanya mulai tumbuh kurang lebih berbarengan dengan mulai tumbuhnya sepasang payudara di daerah dada. Dada seorang perempuan/wanita yang ketika masih anak-anak rata seperti halnya anak laki-laki akan mulai berubah menjadi kuncup kerucut dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti perempuan dewasa. Umur mulai kuncupnya payudara seorang gadis bervariasi tergantung banyak faktor yang mempengaruhinya.

Jika telah terlihat tanda-tanda pubertas seperti berikut di bawah ini :
a. tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan
b. kuncup payudara mulai tumbuh
c. keluar noda-noda dari dalam lubang vagina / lubang kemaluan di bawah lubang kencing
d. muncul rambut di sekitar anus dan atau bagian dalam paha

Maka kurang lebih sekitar satu atau dua tahun ke depan, seorang perempuan/gadis yang masih muda belia tersebut akan mendapat menstruasi atau haid pertama dengan lama durasi yang biasanya lebih lama daripada wanita dewasa yaitu sekitar 3 sampai 8 hari. Menstruasi pada dua tahun pertama seorang gadis remaja pada umumnya belum teratur datangnya dengan durasi yang bisa singkat dan bisa juga lama dari normalnya. Kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar